WORKSHOP EDUTECH HIMASI UNIMAL

By. Sistem Informasi in Berita

Berita
Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Kabinet Rajut Aksara Universitas Malikussaleh telah sukses melaksanakan sebuah Workshop sebagai wadah dalam upaya meningkatkan kegiatan edukasi teknologi terkait program studi Sistem Informasi. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari tepatnya pada tanggal 16 sampai dengan 17 September 2023 yang dilakukan secara hybrid dengan menggabungkan konsep daring melalui platform Zoom Meeting dan luring yang dihadiri oleh lebih dari 150 peserta.

Sebuah gebrakan baru yang dirangkai sedemikian rupa oleh bidang Riset dan Teknologi ini bermula dari kesadaran terhadap perlunya pengenalan awal dan penguatan fundamental mengenai seluk beluk jurusan Sistem Informasi sehingga para mahasiswa baru meraih bekal sebagai modal awal untuk mampu berproses mengarungi dunia perkuliahan di program studi yang mereka pilih. Kegiatan ini diberi nama Edutech Himasi Workshop yang mengusung tema “Membangun Fondasi Digital, Dasar UI/UX, Data Analist, dan Konsep Pemrograman” dengan target utama yaitu seluruh Analist Muda 2023 dan mahasiswa aktif program studi Sistem Informasi. 

Workshop kali ini telah menghadirkan 3 pemateri luar biasa dengan keahliannya di bidang masing-masing. Sebelum memasuki materi utama di hari pertama, kegiatan diawali dengan sambutan oleh ketua pelaksana Edutech Himasi Workshop, ketua Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi dan Bapak Rizki Putra Fhona S.kom., M.kom selaku ketua program studi Sistem Informasi. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan sesi pertama, yaitu pemrograman dasar yang dipaparkan oleh Nur Alimul Haq dari stambuk 2020. Lalu disambung setelah istirahat dengan pembahasan sesi kedua, yaitu mengenai Data Analist yang dipaparkan oleh Pasha Khatami Hasibuan dari stambuk 2019. 

Pada hari kedua, workshop dimulai dengan pemaparan materi mengenai UI/UX Design yang disampaikan oleh Hisyam Maulana Hadi dari stambuk 2019. Selanjutnya kegiatan diakhiri dengan meeting secara langsung bersama para peserta untuk membahas hambatan apa saja yang mereka alami selama mendalami dunia pemrograman. Para peserta diperbolehkan untuk berkonsultasi mengenai permasalahan teknis yang berhubungan dengan ketiga materi tersebut baik pada tugas maupun proyek yang mereka jalani. Ketiga pemateri kompak membagikan ilmu yang mereka kuasai selama berkuliah di program studi Sistem Informasi. 

Workshop berlangsung dengan baik dan sistematis sehingga para mahasiswa baru dapat mudah untuk memahami pembahasan yang diberikan oleh pemateri. Dengan dampak positif yang diberikan, workshop ini dapat menjadi inovasi kegiatan yang solutif dalam memecahkan permasalahan yang ada di sekitar mahasiswa program studi Sistem Informasi. Harapannya dengan terlaksananya kegiatan ini dapat memberikan insight baru kepada para peserta mengenai fondasi digital, prinsip UI/UX, analisis data, dan konsep pemrograman sehingga membuka pintu kesempatan kepada para peserta untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang yang relevan.