SHARING TECHNOLOGY BERSAMA HIMASI UNIMAL DI SMAN 1 LHOKSEUMAWE

By. Sistem Informasi in Berita

Berita
Dalam sebuah era di mana teknologi terus bergerak dengan cepat, memaksa kita untuk mengubah paradigma dan proses dalam berinteraksi, bekerja, serta berinovasi. Perlu adanya kesadaran kita sebagai seorang pembelajar dalam pembentukan pribadi yang ‘melek’ akan teknologi atau sering disebut juga dengan seorang ‘Tech Savvy’. Sharing Technology bersama Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Malikussaleh merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan edukasi tentang pemahaman penggunaan teknologi dan ancaman yang muncul seiring perkembangan teknologi. Kegiatan yang diselenggarakan oleh bidang Riset dan Teknologi bekerja sama dengan Hubungan Masyarakat ini disambut ramah oleh bidang kemahasiswaan dan siswa/i SMA Negeri 1 Lhokseumawe.

Kegiatan berlangsung pada hari Sabtu, 14 Oktober 2023 di ruang aula SMA Negeri 1 Lhokseumawe dengan dihadiri oleh perwakilan siswa terpilih dari masing-masing kelas. Kegiatan Sharing Technology yang dilakukan pertama kali ini mengangkat tema “Membangun Masa Depan Digital: Meningkatkan Pemahaman Generasi Mendatang tentang Teknologi, Mengeksplorasi Dampak, dan Pemanfaatannya” yang menitik beratkan pembahasan pada isu peradaban menuju Era Society 5.0, di mana kita dituntut untuk membuka mata selabar-lebarnya terhadap berbagai aspek kehidupan yang semakin erat kaitannya dengan teknologi.

Pemaparan materi Sharing Technology secara garis besar terdiri dari tiga subbagian, namun sebelum itu kegiatan terlebih dahulu diawali dengan pembukaan oleh Master of Ceremony, kata sambutan oleh ketua pelaksana Sharing Technology, dan selanjutnya pembahasan mengenai Edukasi Teknologi. Materi disajikan menggunakan konsep presentasi dan disampaikan dengan menarik oleh Heru Aryasuta selaku ketua bidang Riset dan Teknologi. Dalam presentasinya ia menjelaskan tentang manfaat teknologi beserta dampak positif dan negatif yang diberikan oleh perkembangan tersebut.

Kemudian materi kedua, yaitu mengenai jurusan di lingkup Information Technology (IT). Pemateri menjabarkan bahwa lingkup IT menawarkan beragam jurusan dan spesialisasi yang dapat dipelajari untuk memenuhi berbagai minat dan bakat. Hal ini disebabkan karena IT adalah bidang yang luas, terus berkembang, dan memainkan peran kunci pada hampir setiap aspek kehidupan manusia. Selanjutnya materi terakhir, yaitu mengenai Social Engineering. Pembahasan ini tidak kalah penting dari sebelumnya karena masih banyak orang yang belum sadar tentang ancaman yang rentan muncul seiring berkembangnya teknologi. Sudah menjadi hal esensial bagi mahasiswa IT untuk mengedukasi masyarakat berkenaan dengan hal ini.

Pada akhirnya, kegiatan Sharing Technology yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lhokseumawe ditutup dengan kuis kepada para peserta dan pembagian reward kepada para pemenang. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung dengan meriah dan lancar karena kerja keras panitia dan sambutan seluruh siswa/i yang sangat antusias. Harapannya dengan terlaksananya kegiatan ini dapat membuka cakrawala siswa/i perihal manfaat perkembangan teknologi dan meningkatkan awareness terhadap ancaman teknologi yang mungkin terjadi seiring berkembangnya zaman.