PRESS RELEASE PKKMB 2023

By. Sistem Informasi in Berita

Berita
Press Release – PKKMB Prodi Sistem Informasi FT UNIMAL 2023 - Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASI) dengan bangga telah sukses melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Program Studi Sistem Informasi tahun 2023. Kegiatan ini merupakan aktivitas rutin yang diadakan oleh HIMASI setiap tahunnya tepat setelah PKKMB Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan lingkungan kampus dalam lingkup jurusan/prodi sebagai atmosfer akademis sehingga seluruh mahasiswa baru dapat memahami mekanisme serta tata tertib yang berlaku di dalamnya. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis, 31 Agustus 2023 secara langsung di gedung Sistem Informasi dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah, dengan mengusung tema “Membentuk mahasiswa yang berkarakter APIK (Adaptif, Produktif, Inovatif dan Kompetitif) dalam prodi Sistem Informasi guna menghadapi merdeka belajar kampus merdeka yang berkualitas”.

Kegiatan ini diawali dengan proses penjemputan mahasiswa baru Sistem Informasi dari kampung Fakultas Teknik pada Rabu, 30 Agustus 2023. Di bawah pimpinan ketua serta teras Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi, mahasiswa baru diarahkan melangkah bergerak menuju gedung prodi. Dengan membawa tagline ‘Selamat Datang di Ujung Teknik’, ‘Pergi Bareng, Pulang Bareng’, dan ‘Kita Semua Bersaudara’, para Analist Muda disambut meriah oleh seluruh panitia yang berbaris rapih di sepanjang jalan sekitar gedung. Selanjutnya mentor panggung memberikan arahan terkait hal-hal yang diperlukan nantinya untuk memastikan mahasiswa/i siap dalam mengikuti PKKMB prodi.

Pada Kamis, 31 Agustus 2023 acara dimulai dengan melakukan pengambilan absensi secara administratif dan pemeriksaan kelengkapan atribut oleh panitia bidang administrasi terlebih dahulu sebelum diberi arahan agar membuat barisan untuk selanjutnya melakukan senam pagi dan sarapan bersama. Kemudian mentor panggung membimbing seluruh mahasiswa/i baru untuk masuk satu per satu menuju gedung seraya disambut oleh pagar betis dan diiringi dengan lagu Hymne Teknik. Setelah berada di dalam ruangan, rangkaian acara formal dimulai dengan pembukaan oleh Dea Ismawati dan Ery Ardiansyah selaku Master of Ceremony serta laporan kegiatan oleh Ade Darma selaku ketua pelaksana acara, dilanjutkan kata sambutan oleh Kodriansyah Nasution selaku ketua Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi. Tidak lupa, salam hangat dari Abangda Marzuki Ar, S.T. selaku Ketua Ikatan Alumni Sistem Informasi Universitas Malikussaleh.

Kemudian acara dilanjutkan dengan ucapan selamat datang yang disampaikan oleh Bapak Rizky Putra Fhonna, S.Kom., M.Kom. selaku ketua program studi, berikutnya kata sambutan ramah nan meriah yang dibawakan oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Dahlan Abdullah, S.T. M.Kom. IPU. ASEAN. Eng. selaku ketua jurusan Teknik Elektro. Setelah itu memasuki acara yang dinanti, yaitu penyampaian materi pengenalan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Sistem Informasi mulai dari mengupas masalah seputar dasar Sistem Informasi sampai dengan prospek kerja Sistem Informasi oleh pihak program studi, dan ditutup dengan sesi foto bersama para pemateri. Agenda selanjutnya diambil alih oleh perangkat Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi untuk memaparkan struktur organisasi sesuai dengan divisinya masing-masing, tidak lupa dilanjutkan dengan perkenalan Dewan Pengawas Himpunan sekaligus penjabaran tugas pokok dan fungsi dari kepentingan eksistensinya di ruang lingkup prodi.

Setelah melalui serangkaian acara di dalam ruangan, seluruh mahasiswa/i baru dipersilakan keluar gedung untuk makan siang bersama dan melanjutkan sesi mentoring. Sesi mentoring dilaksanakan dengan membagi barisan mahasiswa/i baru menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diberikan materi perihal cara beradaptasi melalui transisi dari siswa menjadi mahasiswa dan disempurnakan dengan wawasan umum mengenai Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASI). Menjelang sore hari, mahasiswa/i baru dikumpulkan kembali untuk melakukan mobilisasi dari jurusan menuju Fakultas Teknik. Sebelum pengembalian, seluruh mahasiswa/i baru menyanyikan yel-yel dan lagu-lagu bersama dengan seluruh panitia dan mentor, hal tersebut sudah menjadi kultur yang tertanam di rumah Sistem Informasi yang mempresentasikan rasa bangga dan sukacita atas lahirnya analist-analist muda baru.

Akhirnya sampailah pada puncak penghujung acara, seluruh mahasiswa/i baru diiringi bersama dari jurusan menuju kampung teknik kembali. Pengembalian dimeriahkan dengan melakukan arak-arakan untuk merayakan pemulangan dan kesuksesan terselenggaranya acara. 

“Setelah menjalani PKKMB, diharapkan para Analist Muda 2023 akan merasakan kebersamaan, keberagaman, dan semangat untuk mengembangkan diri dalam lingkungan kampus. Bersama-sama mari kita rajut kisah sukses dan prestasi yang akan menjadi bagian tak terlupakan dari masa muda dan perjalanan pendidikan kalian. Selamat datang Analist Muda 2023.” ujar Kodriansyah Nasution selaku ketua Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi periode 2023/2024 dalam kata sambutannya.

Bendera biru muda telah dikibarkan, harapan telah dibentangkan, menggaungkan semangat analist muda dari ujung teknik menuju seluruh penjuru untuk menorehkan prestasi dan karya terbaik. Kegiatan PKKMB program studi Sistem Informasi 2023 telah resmi rampung dengan menuai kenangan dan memori yang tak terlupakan untuk setiap pihak yang terlibat.